Jumat, 17 Mei 2013

PERUBAHAN KEBUDAYAAN

Terjadinya gerak / perubahan ini disebabkan oleh beberapa hal :
  1. Sebab sebab yang berasal dari dalam masyarakat dan kebudayaan sendiri. Misalnya perubahan jumlah dan  komposisi penduduk.
  2. Sebab sebab perubahan alam dan fisik tempat mereka hidup. Manusia yang hidupnya terbuka, yang berada dalam  jalur jalur hubungan dengan masyarakat dan kebudayaan lain, cenderung berubah lebih cepat.
Beberapa factor yang mempungaruhi diterima atau tidaknya suatu unsur kebudayaan baru diantaranya :
  1. Terbatanya masyarakat memiliki hubungan atau kontak dengan kebudayaan dan dengan orang orang yang bersala dari luar masyarakat tersebut.
  2. Jiaka pandanag hidup dan nilai nilai yang dominan dalam suatu kebudayaan ditentukan oleh nilai nilai agama, Dan ajaran ini terjalin erat  dalam  keseluruhan pranata yang ada, maka penerimaan unsur baru itu mengalami hambatan dan  harus disensor dulu oleh berbagai urusan yang berlandaskan ajaran islam yang berlaku.
  3. Corak struktur soaial suatu  masyarakat turut menentukan proses penerimaan kebudayaan  baru. Misalnya system otoriter akan sukar menerima unsur kebudayaan baru.
  4. Suatu unsur kebudayaan diterima jika sebelum  sudah ada unsur unsur kebudayaan yang menjadi landasan bagi diterimanya unsur kebudayaan yang baru tersebut.
  5. Apa bila unsur baru itu memiliki skala kegiatan yang terbatas, dan dapat dengan mudah dibuktikan kegunaannya oleh warga masyarakat yang bersangkutan.  

Tidak ada komentar:

Posting Komentar